Wajib Disimpan, Ini Manfaat dari Slip Gaji yang Tidak Banyak Diketahui

Slip gaji merupakan bentuk tanda bukti atas gaji atau upah untuk seorang pekerja. Adapun pentingnya slip gaji adalah memberikan kejelasan berapa besar gaji yang diterima dari perusahaan atau tempat kerja. Gaji merupakan penghasilan yang diterima oleh seseorang yang terdiri atas komponen penambah dan komponen pengurang:

Apa Itu Slip Gaji? Apa Manfaat Slip Gaji?

Komponen penambah adalah bentuk penghasilan yang bersifat tambahan. Di antaranya meliputi upah utama, tunjangan tetap, tunjangan kehadiran, upah lembur, dan THR serta bonus.

Komponen pengurang adalah bentuk penghasilan yang memberikan pengurangan atas gaji yang diterima pekerja. Di antaranya meliputi iuran BPJS, pinjaman karyawan, PPh 21, maupun denda atau pinalti.

Kedua komponen di atas secara langsung memberikan pengaruh pada jumlah nominal akhir penghasilan yang akan diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan. Jadi karyawan akan melihat semua data dan hasil pembayaran akhir mereka pada slip gaji.

Regulasi Slip Gaji

Slip gaji adalah salah satu hal mendasar dan wajib diberikan perusahaan kepada karyawan. Peranan slip gaji telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No.78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah di mana memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja atau buruh pada saat upah dibayarkan.

Sedangkan untuk informasi apa saja yang harus dicantumkan pemberi kerja dalam slip gaji telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 bahwa hak pekerja atau buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja atau buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.

Komponen Slip Gaji

Berbagai komponen yang dicantumkan dalam slip gaji adalah rincian umum terkait besaran upah pada periode tersebut, diantaranya:

1. Gaji Pokok

Komponen pertama slip gaji adalah gaji pokok, yaitu besaran gaji dasar yang diterima setiap bulannya. Umumnya, besaran gaji pokok disesuaikan dengan Upah Minimum Regional (UMR), posisi, jenjang karir, dan masa kerjanya.

2. Tunjangan

Selain gaji pokok, biasanya perusahaan juga menyediakan berbagai tunjangan pendukung seperti transportasi, konsumsi, hingga asuransi kesehatan dan harus dicantumkan pula pada slip gaji.

3. Bonus

Komponen selanjutnya dari slip gaji adalah bonus, yaitu sebagai bentuk apresiasi perusahaan kepada karyawan yang memiliki kinerja dan performa bagus pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya ketika perusahaan dapat mencapai target tahunan.

4. Upah Lembur

Menurut peraturan Menakertrans (Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi) No. 102/MEN/VI/2004, bagi karyawan yang bekerja lebih dari 7 jam dalam sehari atau 40 jam selama seminggu berhak menerima upah lembur.

Besaran upah lembur tentunya sudah harus diatur oleh perusahaan sesuai dengan lama waktu lembur karyawan tersebut.

5. Potongan

Komponen terakhir yang harus dicantumkan dalam slip gaji adalah potongan, seperti pajak penghasilan (PPh), asuransi, dan lain-lain. Hal ini dilakukan sebagai bentuk transparansi gaji dari perusahaan.

Format Slip Gaji

Dalam membuat format slip gaji, terlebih dahulu Anda harus mengetahui informasi penting yang dicantumkan dalam sebuah slip gaji.

Slip gaji yang benar nantinya akan terdiri dari kelima komponen berikut, mulai dari informasi umum perusahaan, nominal pembayaran hingga bukti sah dokumen tersebut berupa tanda tangan atau cap perusahaan resmi. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Nama Perusahaan

Komponen utama ketika membuat slip gaji adalah menyertakan informasi umum perusahaan seperti nama dan alamat. Biasanya, di bawah nama dan alamat perusahaan akan ada keterangan kerahasiaan dokumen berupa kalimat “Private and Confidential”. Ini berarti, dokumen tersebut adalah pentigng dan bersifat rahasia yang mana hanya orang-orang yang tertera namanya saja yang boleh mengetahui.

2. Data Karyawan

Informasi selanjutnya yang harus ada di slip gaji adalah data karyawan berupa nama, nomor pegawai, nomor NPWP dan data umum seputar nama divisi dan jabatan. Dalam data tersebut harus tertera tanggal pembayaran gaji dan rincian potongan yang didapatkan.

Adapun rincian pembayaran harus meliputi nominal penghasilan termasuk gaji pokok, tunjangan serta insentif lainnya jika ada. Sedangkan nominal potongan meliputi premi BPJS kesehatan, dan iuran lainnya yang disesuaikan dengan kebijakan setiap perusahaan.

3. Keterangan Pembayaran Lengkap

Bagian terakhir adalah uraian lengkap pembayaran gaji, yang meliputi pendapatan sebelum pajak tahun berjalan, pendapatan setelah pajak tahun berjalan, pajak bulan berjalan, total pendapatan karyawan, dan nama bank sebagai lembaga pembiayaan.

Itulah informasi penting yang harus Anda cantumkan dalam sebuah bukti pembayaran gaji. Selanjutnya untuk membuat format slip gaji, Anda dapat menggunakan beberapa tools, seperti Ms. Word dan Ms. Excel untuk pembuatan manual, atau menggunakan aplikasi pembuat slip gaji untuk pembuatan slip gaji secara otomatis dengan format PDF.

Manfaat Slip Gaji

1. Adanya Rincian Gaji

Pada slip gaji yang kamu terima setiap bulannya, kamu bisa mengetahui perincian gaji tersebut. Misalnya, gaji pokokmu sebesar Rp6 juta setiap bulannya. Namun, dari gaji pokok tersebut dipotong untuk biaya jabatan sebesar 5%, iuran JHT sebesar 2%, iuran pensiun sebesar 1%, dan pajak penghasilan (PPh 21). Perincian tersebut tergantung dari kebijakan perusahaan karena ada juga tunjangan lain yang biasa diberikan seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat potongan atau tambahan lain pada slip gaji. Misalnya, bonus atau potongan karena keterlambatan dan ketidakhadiran tanpa alasan yang jelas. Dengan begitu kamu bisa memperbaiki dan meningkatkan kinerja kamu di kantor.

2. KPR Rumah

Bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), memiliki slip gaji menjadi syarat utama yang harus dipenuhi. Melalui slip gaji, bank akan menganalisa kemampuan Anda untuk membayar cicilan rumah setiap bulannya. Idealnya gaji bulanan harus tiga kali lipat lebih besar dari cicilan per bulan. Oleh karenanya, pastikan pekerja menyesuaikan angsuran yang diambil dengan gaji yang diterima.

3. Mengajukan KTA

Dalam memberikan kredit atau pinjaman, Bank dan perusahaan sebagai penyedia biasa mengharuskan seorang peminjam atau kreditur untuk memberikan agunan atau jaminan. Agunan atau jaminan biasanya dalam bentuk barang berharga yang berfungsi sebagai penjamin agar kreditur taat membayar cicilan setiap bulannya.

Namun, dengan menyertakan slip gaji, kamu bisa melakukan kredit tanpa agunan. Bank penyedia kredit juga akan mengklasifikasi terlebih dahulu apakah kamu layak mendapatkan fasilitas tanpa agunan tersebut. Bank akan melihat apakah gaji yang kamu terima sesuai dengan kredit yang kamu ajukan.

4. Kredit Mobil dan Motor

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari slip gaji adalah dalam hal pengajuan kredit kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor. Karena perlu menyertakan slip gaji sebagai syarat mengambil kredit tersebut. Tentu saja jenis, merek, dan DP atau uang muka kendaraan akan berpengaruh terhadap jumlah cicilan yang harus dibayarkan.

5. Referensi Melamar Pekerjaan Baru

Slip gaji biasanya akan dilampirkan oleh seseorang saat akan menerima surat tawaran kerja. Walaupun terkadang tidak diminta, namun hal ini dilakukan untuk memperoleh gaji yang lebih besar dari tempat yang sebelumnya, dengan cara ini perusahaan Anda yang baru akan lebih percaya dengan bukti otentik dari perusahaan sebelumnya dengan nominal yang tercatat.

Pencantuman slip gaji tentunya akan mempermudah proses negosiasi gaji Anda di perusahaan selanjutnya. Obrolan mengenai gaji memang terkadang sukar untuk dimulai, selain memikirkan nominal yang kita inginkan, kita juga harus bisa memprediksi apa saja yang dapat kita tawarkan ke perusahaan yang baru.

6. Kredit Alat Elektronik

Alat elektronik saat ini memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi beberapa orang. Misalnya saja seperti mesin cuci, penanak nasi, televisi, ponsel, komputer, dll. Dengan harga yang terkadang sulit untuk dijangkau, kamu tetap bisa memilikinya melalui kredit. Kamu bisa memenuhi kebutuhan alat elektronik di rumahmu dengan menyertakan slip gaji sebagai syarat administrasi. Sama halnya dengan mengajukan kredit kendaraan bermotor, slip gaji juga digunakan sebagai bukti bahwa kamu memiliki penghasilan yang cukup setiap bulannya untuk membayar cicilan.

Solusi untuk mempermudah HRD dan karyawan dalam mengecek dan mengunduh slip gaji adalah dengan aplikasi pembuat slip gaji Talenta by Mekari. Dengan fitur aplikasi slip gaji online, karyawan bisa dengan mudah untuk mengecek dan mengunduh slip gaji secara online dengan aplikasi mobile Talenta by Mekari. Silahkan kunjungi Talenta.co untuk mendapatkan solusi tersebut.

Leave a Comment