Panduan Membeli Laptop 2022 | Blog Keselamatan Gadget

Sudah siap mengganti laptop lama Anda dengan yang baru? Maka ini adalah panduan membeli laptop terbaik yang harus Anda baca pada tahun 2022.

Sumber

Saat ini, ada laptop dari banyak merek dengan ukuran layar, desain, fitur perangkat keras, dan label harga yang berbeda. Jadi wajar jika Anda merasa kewalahan.

Posting blog kami akan melihat semua spesifikasi yang harus Anda cari saat membeli laptop baru. Pilihan yang tepat tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda.

Biarkan kami menemukan laptop terbaik untuk Anda!

Membeli Laptop Baru: 5 Spesifikasi Utama yang Harus Anda Fokuskan

Meskipun ada berbagai spesifikasi laptop yang bisa Anda perhatikan, ada beberapa yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Fitur terpenting yang akan membantu Anda memilih laptop baru adalah sistem operasi (OS), ukuran dan fungsionalitas layar, fitur perangkat keras, aksesori, dan, tentu saja, anggaran.

1. Sistem Operasi

Pasar penuh dengan OS yang responsif dan dibuat dengan baik. Tapi, Windows dan Mac jelas merupakan pilihan paling populer untuk laptop.

1.1 Windows vs. macOS

Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan aplikasi yang ringan, Windows 11 terbaru adalah pilihan yang baik untuk laptop bisnis dan game. Desktop Windows adalah cara termudah untuk menavigasi fitur laptop.

Di sisi lain, macOS Apple juga merupakan pilihan yang andal, terutama untuk materi iklan. Dengan fungsionalitasnya yang tinggi, gerakan unik dan pintasan keyboard, dan banyak aplikasi yang dikembangkan khusus untuk macOS (misalnya Procreate), macOS adalah satu-satunya OS yang benar-benar menyaingi Windows. Untuk alasan ini, Macbook terbaru adalah pilihan terbaik untuk desainer, fotografer, dll.

1.2 Solusi Lain

OS Windows dan macOS bukan satu-satunya opsi OS yang Anda miliki saat membeli laptop baru. Antarmuka lain seperti Chrome OS, Linux, Android, dan iOS memiliki porsi kecil. Laptop Chrome OS (Chromebook) memiliki antarmuka yang mirip dengan Windows tetapi lebih ramah bagi pemula dan lebih ringan.

Tentu saja, Chromebook membatasi pengguna untuk tugas-tugas tertentu seperti penjelajahan web. Linux adalah produk khusus OS, yang diperlukan untuk perangkat lunak dan aplikasi tertentu. Terakhir, beberapa tablet Android dan iOS 2-in-1 (iPad Pro, Samsung Galaxy Tab S8, dll.) dapat mendukung sebagian besar fungsi laptop.

2. Ukuran, Desain, dan Fungsionalitas

Setelah Anda memilih OS terbaik untuk Anda, saatnya untuk mempersempit pilihan Anda berdasarkan ukuran dan desain layar. Misalnya, jika Anda membutuhkan laptop untuk bermain game, Anda harus memilih layar besar (15,6″ atau lebih).

Di sisi lain, jika Anda sering bepergian, menjelajahi web dan mobilitas mungkin menjadi perhatian utama Anda. Dalam hal ini, Anda hanya perlu layar yang lebih kecil (hingga 14 inci) dan desain ramping.

Pada saat yang sama, tablet/laptop 2-in-1 menawarkan kemungkinan untuk menggunakan perangkat dengan cara yang berbeda (layar sentuh, gerakan tampilan, keyboard yang dapat dilepas, dll.). Inilah sebabnya mengapa perangkat fleksibel seperti Microsoft Surface 8 terbaru, adalah pilihan tepat untuk editor, animator, desainer, dll.

3. Perangkat Keras

Membeli laptop bisa jadi membosankan, terutama jika menyangkut spesifikasi perangkat keras internal. Karena perangkat keras laptop baru Anda berdampak besar pada kemampuannya. CPU, kartu grafis, RAM, dan memori juga menentukan harga sebuah laptop. Mari kita lihat fitur-fitur ini secara rinci:

3.1 CPU

Pasar penuh dengan CPU entry-level, mid-range, dan high-end untuk laptop. Misalnya, Intel Core i9 dan CPU Xeon terbaru dapat menangani apa saja yang Anda letakkan di depannya.

Di sisi lain, CPU entry-level seperti Intel i3 dan AMD Ryzen 3 terbaru jauh lebih murah tetapi memiliki batasan tertentu terkait game dan multitasking. Menjadi jelas bahwa memilih CPU yang tepat sepenuhnya bergantung pada kebutuhan harian Anda.

3.2 GPU

Saat ini, sebagian besar CPU laptop dilengkapi dengan grafis terintegrasi. Artinya Anda tidak lagi memerlukan GPU khusus di laptop Anda untuk menjalankan aplikasi, multitasking, atau browsing internet.

Belum. GPU khusus disertakan dalam laptop gaming kelas menengah dan kelas atas. Biasanya, GPU diperlukan untuk aplikasi game dan pengeditan yang menuntut. Kartu grafis NVIDIA seperti RTX 3080 baru atau chip AMD seperti RX 6600 saat ini merupakan salah satu GPU terbaik.

3.3 RAM

RAM tidak lebih dari sebuah disk yang menyimpan data non-permanen dari aplikasi yang Anda jalankan. Yang benar adalah bahwa sebagian besar pengguna akan bertahan dengan RAM 8 GB. Dan RAM 16 GB cukup untuk multitasking ekstensif, game kasual, dan sebagian besar aplikasi pengeditan. Hanya insinyur dan perancang perangkat lunak, serta gamer pro, yang membutuhkan RAM 32 GB atau bahkan 64 GB.

3.4 Penyimpanan Internal

Bertentangan dengan apa yang diyakini banyak orang, penyimpanan internal (HDD atau hard drive SSD) memainkan peran penting dalam kinerja laptop secara keseluruhan. Drive SSD modern berkali-kali lebih cepat daripada HDD konvensional. Mengenai ruang penyimpanan, SSD 512 GB lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna rata-rata.

4. Port dan Aksesoris

Laptop yang Anda pilih harus menawarkan setidaknya 2 port USB, port HDMI, jack audio, dan dukungan Bluetooth. Ini adalah persyaratan minimum yang harus Anda perhatikan. Jangan lupa bahwa konektivitas sangat penting dalam jangka panjang. Hal yang sama berlaku untuk aksesori.

Kualitas webcam terintegrasi penting bagi mereka yang menyelenggarakan atau menghadiri rapat Zoom/Skype. Terakhir, jika Anda memilih tablet 2-in-1, selalu periksa apakah keyboard yang dapat dilepas disertakan.

5. Anggaran

Apakah Anda memiliki anggaran $200 atau $3000, pasar memiliki laptop yang Anda cari. Yang benar adalah bahwa semakin banyak Anda membayar untuk sebuah laptop, semakin baik kualitasnya. Tetapi ingat bahwa memilih laptop sepenuhnya tergantung pada kebutuhan Anda. Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat memilih salah satu dari kategori anggaran berikut:

  • Laptop tingkat pemula ($250-$600): Laptop ini dapat menangani aplikasi dasar (misalnya Microsoft Office), browsing, dan multitasking ringan. Laptop entry-level adalah yang terbaik untuk pelajar dan pengguna yang tidak menuntut.
  • Laptop kelas menengah ($600-$1100): Laptop kelas menengah bervariasi. Pada label harga ini, Anda akan dapat menemukan perangkat keras yang relatif kuat yang akan mengatasi sebagian besar game modern dan aplikasi yang menuntut. 9 dari 10 pengguna akan lebih dari puas dengan kinerja laptop kelas menengah dan tablet 2-in-1.
  • Laptop kelas atas ($ 1100+): Anda akan menemukan laptop paling portabel dan kuat dalam kategori ini. Pada saat yang sama, laptop kelas atas termasuk laptop gaming terbaik di pasaran. Kategori ini sangat cocok untuk gamer, pengembang, desainer, dan pengguna yang menuntut.

Haruskah Anda Mengganti Laptop Lama Anda di 2022?

Anggaran dapat memainkan peran penting saat membeli laptop baru. Apalagi jika Anda membutuhkan notebook yang relatif mahal seperti Alienware x17 R2 terbaru.

Kabar baiknya adalah pada tahun 2022, Anda memiliki opsi untuk menjual atau mendaur ulang laptop lama Anda. Jika perangkat lama Anda masih berfungsi, Anda dapat menjualnya ke Gadget Salvation. Seluruh prosesnya sangat sederhana. Anda harus mencari laptop Anda, memilih model dan konfigurasi Anda dan melihat penawaran kami.

Jadi, jika Anda merasa perangkat lama Anda tidak lagi memenuhi kebutuhan Anda, ada beberapa cara untuk menghemat uang dan sekaligus menyelamatkan lingkungan.

Terakhir, Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk model notebook yang lebih baru. Pertimbangkan untuk membeli komputer bekas sebagai gantinya. Anda tidak hanya akan membayar 40-80% lebih sedikit daripada di toko ritel, tetapi juga memperpanjang umur gadget itu setidaknya selama tiga tahun. Memilih teknologi bekas daripada yang baru adalah cara yang bagus untuk menghemat uang dan memperhatikan lingkungan.

Bungkus

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat menemukan keseimbangan yang tepat antara spesifikasi yang Anda butuhkan (OS, gaya, perangkat keras, konektivitas) dan anggaran yang telah Anda sisihkan untuk laptop baru Anda. Kami harap panduan ini membantu Anda memilih laptop terbaik untuk kebutuhan Anda!

Leave a Comment