Apple MacBook Pro Terbaik untuk Pengeditan Foto pada tahun 2023

Bukan berita bahwa sebagian besar fotografer dan profesional kreatif menggunakan laptop dan tablet Apple untuk alur kerja mereka yang menuntut. MacBook Pro modern lebih dari mampu menangani proyek dan perangkat lunak pengeditan foto besar seperti Photoshop, GIMP, dan Canva.

Sumber

Namun dengan banyaknya model yang tersedia, bagaimana Anda bisa memilih MacBook Pro terbaik untuk mengedit foto? Dalam postingan blog ini, kami akan meninjau semua faktor yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memilih MacBook Pro berdasarkan keahlian, kebutuhan, dan preferensi Anda.

Penggemar apel, berkumpullah!

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya: Ada beberapa spesifikasi yang harus Anda perhatikan saat membeli laptop untuk mengedit foto. Perangkat lunak seperti Photoshop memiliki persyaratan minimum tertentu untuk CPU, RAM, grafik, dan penyimpanan.

Spesifikasi Apa yang Anda Butuhkan untuk Mengedit Foto di MacBook Pro?

Meskipun program pengeditan foto tidak seberat game atau perangkat lunak animasi, Anda harus memastikan bahwa MacBook Pro yang Anda pilih memenuhi persyaratan berikut:

CPU

Sebagian besar laptop kelas menengah dan premium dapat dengan mudah memenuhi persyaratan CPU untuk perangkat lunak pengedit foto. Tentu saja, ruang lingkup proyek juga memainkan peran penting. Misalnya, proyek Photoshop yang sangat besar membutuhkan lebih banyak sumber daya CPU. Namun demikian, chipset quad-core atau delapan-core modern tidak akan mengalami masalah dalam menangani proyek semacam itu.

Chipset Apple M2 terbaru dirancang khusus untuk perangkat lunak kreatif. Inilah sebabnya mengapa banyak profesional menggunakan MacBook untuk proses pengeditan foto dan video tanpa beban. Hal yang sama berlaku untuk (gen sebelumnya) M1, M1 Pro dan M1 Max.

RAM

Meskipun RAM 16 GB (atau lebih) ideal untuk mengedit foto, Anda mungkin tidak akan mengalami masalah saat mengedit dengan MacBook Pro dengan RAM 8 GB. Ini terutama benar ketika RAM menggabungkan CPU seri-M kelas atas dan kartu grafis terbaru Apple.

Grafik

Dalam hal grafis, Apple telah berhasil membuat kartu grafis terintegrasi terbaik di pasaran. MacBook Pro modern dapat menangani perangkat lunak pengeditan apa pun dengan mudah dan merender grafik dengan kecepatan tinggi.

Tentu saja, pengeditan foto tidak sesulit animasi, pengeditan 3D, dan game. Jika bermain game juga menarik minat Anda, Anda mungkin harus memilih laptop gaming seperti Asus ROG atau Razer Blade.

Penyimpanan

Sejauh penyimpanan berlangsung, laptop modern mana pun dapat dengan mudah menangani pengeditan foto. Dengan kata lain, SSD 500GB memungkinkan Anda memuat dan menyimpan banyak proyek dengan cepat tanpa masalah. Tentu saja, SSD 1TB (atau lebih) lebih disukai, terutama untuk para profesional.

Tampilan dan Aksesoris

Seperti halnya proses kreatif lainnya, pengeditan foto memerlukan tampilan yang akurat warna dan berkualitas tinggi. Untungnya, tampilan Apple Retina lebih unggul dalam hal akurasi RGB.

Memilih ukuran layar yang tepat seringkali bergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi pengguna. Jika Anda menghargai portabilitas, MacBook Pro 13 inci atau 14 inci adalah pilihan terbaik Anda. Di sisi lain, layar 16 inci akan menawarkan pengalaman mengedit yang lebih nyaman.

Hal yang sama berlaku untuk aksesori. Banyak profesional mengedit foto menggunakan set mouse dan keyboard, sementara yang lain memilih papan gambar.

3 MacBook Pro Terbaik untuk Pengeditan Foto di tahun 2023

Memilih MacBook Pro terbaik untuk mengedit foto bukanlah tugas yang mudah. Pilihan terakhir tergantung pada anggaran Anda, keterampilan mengedit, dan kebutuhan sehari-hari. Namun demikian, ada tiga Mac yang memenuhi kebutuhan setiap profesional atau penggemar kreatif. Mari kita lihat mereka:

1. MacBook Pro M2 (16 inci)

CPU: M2 Pro / M2 Max (12-core) dengan GPU terintegrasi (hingga 38-core)

Menampilkan: 16,2” Liquid Retina XDR

RAM: 16GB / 32GB / 64GB / 96GB

SSD: 1TB hingga 8TB

Jika Anda mencari MacBook Pro terbaik untuk mengedit foto, flagship Pro terbaru adalah yang tepat untuk Anda. MacBook Pro M2 baru hanyalah laptop terbaik yang pernah dibuat Apple. Ini adalah binatang kinerja yang dapat dengan mudah menangani tugas kreatif apa pun yang Anda lakukan.

CPU M2 Pro dan M2 Max, dikombinasikan dengan RAM yang diperluas dan SSD yang luas, menawarkan pengeditan terbaik tanpa lag. Retina 16,2” menakjubkan, menawarkan akurasi warna yang tinggi dan sudut pandang terbaik.

Singkatnya, ini adalah pilihan terbaik bagi para profesional dan penggemar yang menginginkan laptop yang mampu menangani pengeditan foto selama bertahun-tahun. Jika anggaran bukan masalah bagi Anda, MacBook Pro M2 sejauh ini merupakan pilihan terbaik.

2. MacBook Pro M1 (14 inci)

CPU: M1 Pro / M1 Max (10-core) dengan GPU terintegrasi (hingga 32-core)

Menampilkan: 14” Liquid Retina

RAM: 16GB / 32GB / 64GB

SSD: 1TB hingga 8TB

MacBook Pro 2021 adalah alternatif terbaik jika Anda ingin menghemat sejumlah uang tanpa mengorbankan kualitas. Tentu saja, perangkat keras MacBook Pro M1 tidak sekuat M2. Tetap saja, model 14” adalah salah satu laptop paling bertenaga di pasaran.

CPU M1 Pro dan M1 Max hadir dengan GPU premium dan RAM hingga 64 GB. Kit ini dapat dengan mudah menangani proyek pengeditan foto yang sangat besar. Jika Anda ingin membeli MacBook Pro 16 inci baru tetapi modelnya jauh melebihi anggaran Anda, sejauh ini ini adalah laptop terbaik untuk Anda.

3. MacBook Pro M2 (13 inci)

CPU: M2 (8-core) dengan GPU terintegrasi (10-core)

Menampilkan: Layar Retina 13,3”.

RAM: 8GB / 16GB / 24GB

SSD: 512GB hingga 2TB

Last but not least, kami memiliki MacBook Pro M2 13″ yang baru. Sejauh ini, ini adalah pilihan terbaik bagi mereka yang menghargai portabilitas. Model 13″ jauh lebih ringan dan lebih ringkas daripada model Pro lainnya.

Pada saat yang sama, versi ini tersedia dengan harga yang jauh lebih murah. Dari segi performa, MacBook Pro M2 13 inci dapat dengan mudah menangani perangkat lunak pengedit gambar seperti Photoshop. Jadi, jika Anda tidak memerlukan laptop untuk tugas yang sangat berat, seperti mengedit video 8K, ini adalah pilihan yang sangat andal dan terjangkau.

Jika kit perangkat keras ini tidak menarik bagi Anda, Anda selalu dapat memilih MacBook Pro bekas. Di marketplace Gadget Salvation, Anda juga bisa menjual laptop bekas, MacBook, atau perangkat elektronik lainnya yang sudah tidak Anda perlukan lagi. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat uang untuk membeli MacBook Pro baru atau bekas.

Bungkus

Cukup jelas bahwa sebagian besar model MacBook Pro sempurna untuk perangkat lunak pengedit foto. Tentu saja, Pro baru dengan CPU M2 juga merupakan investasi di masa depan. Tapi bukan berarti model sebelumnya juga tidak cocok untuk edit foto.

Sebaliknya, MacBook Pro selalu menjadi pilihan utama para fotografer dan desainer grafis. Jadi, jika Anda tidak ingin menghabiskan $2000 atau lebih untuk MacBook berikutnya, Anda dapat dengan mudah memilih model yang lebih portabel atau perangkat Apple bekas.

Leave a Comment