Apple M1 Pro vs M1 Max: Apa Bedanya?

Apakah Anda berpikir untuk membeli Macbook Pro baru? Perlu tahu perbedaan chipset andalan Apple: M1 Pro dan M1 Max? Jika Anda menjawab ya untuk kedua pertanyaan tersebut, panduan ini wajib Anda baca.

Sumber

Baik M1 Pro dan M1 Max dirancang untuk profesional kreatif dan pengguna yang menuntut. Bagaimanapun, mereka adalah dua CPU silikon terbaik yang pernah dikembangkan Apple. Tapi apa perbedaan utama mereka dalam inti CPU dan GPU, mesin decoding video, memori yang didukung, dan bandwidth memori?

Dan yang paling penting, mana yang terbaik untuk kebutuhan harian Anda? Biarkan kami memecahnya untuk Anda.

M1 Pro vs M1 Max: Membandingkan Chip Terbaik Apple

Dimulai dengan beberapa dasar, kami harus menyebutkan bahwa M1 Pro dan M1 Max adalah dua chip paling kuat di pasaran. Jika Anda adalah pengguna biasa dan bukan profesional yang menuntut, kedua CPU akan dengan mudah menangani apa pun yang Anda letakkan di depan mereka

Tidak seperti perbandingan terbaru kami antara Core i9 vs Xeon terbaru; perbandingan ini sedikit lebih mudah. Alasannya sederhana. M1 Max memiliki semua fitur M1 Pro dan banyak lagi. Anda dapat menganggapnya sebagai M1 Pro yang ditingkatkan,

Jadi ini bukan tentang pro dan kontra dari masing-masing CPU dalam hal tugas harian Anda. Pertanyaan penting yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri adalah apakah Anda membutuhkan tenaga ekstra dari M1 Max.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu melihat lebih dekat persamaan dan perbedaan utama kedua chipset ini.

Apple M1 Pro vs M1 Max: Persamaan

Karena M1 Max lebih bertenaga daripada M1 Pro, apakah itu berarti tidak ada karakteristik serupa di antara kedua chip tersebut? Yah, tidak sama sekali. Kedua chipset Apple memiliki kesamaan fitur tertentu:

  • Terdiri dari (hingga) CPU 10-core: 8 core digunakan untuk performa dan 2 core terakhir untuk efisiensi daya. Jumlah inti CPU membantu kedua chipset menjadi lebih dari mampu dalam hal multitasking yang ekstrem
  • Sertakan Mesin Neural 16-core
  • Bagikan Mesin Media yang sama dengan akselerasi perangkat keras (untuk H.264, ProRes, ProRes RAW, HEVC)
  • Datang dengan mesin encoding video untuk alur kerja pengeditan video yang cepat dan efektif

Apple M1 Pro vs M1 Max: Perbedaan

Jadi mengapa M1 Max lebih baik daripada M1 Pro? Yah, meskipun M1 Pro memiliki semua fitur yang disebutkan di atas, M1 Max memiliki keunggulan tertentu yang membenarkan perbedaan harga yang signifikan:

Perbedaan M1 Pro M1 Maks
Core GPU Hingga 16 core Hingga 32 core
Bandwidth Memori 200GB/dtk 400GB/dtk
Memori Terpadu Hingga 32GB Hingga 64GB
Encode dan Decode Engine 1 Encode dan Decode Engine 2 Encode dan Decode Engine
Mesin Enkode Video 1 Mesin Enkode Video 2 Mesin Enkode Video

Tapi, apa arti perbedaan ini bagi para profesional? Apakah karakteristik M1 Max yang ditingkatkan ini membuat perbedaan di dunia nyata? Mari kita cari tahu.

M1 Pro vs M1 Max: Performa Nyata untuk Profesional

Berkat (hingga) GPU 32-core, Apple M1 Max dapat menangani pemrosesan grafis lebih cepat. Perbedaan ini hanya terlihat dalam rendering 3D, video game yang menuntut, animasi, dll.

Hal yang sama berlaku untuk perbedaan bandwidth memori dan memori terpadu. 400 GB per detik dan 64 GB RAM jarang dibutuhkan, setidaknya tidak saat ini. Namun dalam 5 tahun, kebutuhan profesional kemungkinan besar akan berbeda.

Akhirnya, menambahkan mesin penyandian dan penguraian kode kedua dan mesin penyandian video kedua terasa sendiri dalam tugas-tugas tertentu.

Untuk lebih memahami hal ini, mari kita lihat berbagai tugas yang terkait dengan kinerja chipset Anda.

Perangkat Lunak Multitasking / Desain Grafis

M1 Pro dan M1 Max dapat dengan mudah menangani multitasking ekstrim. Tidak peduli berapa banyak aplikasi yang Anda jalankan secara bersamaan, kedua chipset ini tidak menunjukkan penurunan kinerja secara tiba-tiba. Jika Anda memerlukan contoh, Anda dapat dengan mudah membuka 20 tab di Safari, mendengarkan musik, mengedit Final Cut Pro, dan bekerja di Photoshop secara bersamaan.

Penyuntingan video

Hal yang sama berlaku untuk pengeditan video. Baik M1 Pro dan M1 Max tidak akan menghadapi masalah apa pun dalam hal pengeditan video. Namun, mesin encoding video kedua dan lebih banyak inti GPU membuat M1 Max lebih cepat dan lebih bertenaga. Ini hanya terlihat saat mengedit dan mengekspor video yang sangat besar dengan kualitas terbaik (4K atau 8K).

Rendering / Animasi grafis 3D

Bandwidth memori 400 GB/s dan dukungan memori terpadu 64 GB menjadikan M1 Max pilihan terbaik untuk animasi 3D dan rendering grafis. Tentu saja, itu tidak berarti M1 Pro tidak dapat menangani animasi 3D yang menuntut atau tugas lainnya.

Sebaliknya, M1 Pro adalah salah satu CPU terbaik di pasar untuk grafis 3D. Tapi M1 Max masih selangkah lebih maju.

Apple M1 Pro vs M1 Max: Opsi Harga

Seperti disebutkan di atas, M1 Max terasa lebih mahal daripada M1 Pro:

  • MacBook Pro dengan M1 Pro (8-core CPU-14-core GPU): $1999
  • MacBook Pro M1 Pro (GPU 10-core CPU-14-core): +$200
  • MacBook Pro dengan Apple M1 Pro (GPU 10-core CPU-16-core): +$300
  • MacBook Pro M1 Max (GPU 10-core CPU-24-core): +$500
  • MacBook Pro dengan M1 Max (GPU 10-core CPU-32-core): +$700

Karena chip M1 ini adalah dua andalan Apple, wajar saja jika itu adalah opsi termahal Apple.

Untungnya, ada solusi untuk Anda. Jika Anda membutuhkan keandalan dan kinerja chip M1 Pro /Max baru, Anda dapat menjual Macbook lama Anda dan menghemat sebagian besar harga pembelian. Prosesnya sangat sederhana: Anda hanya perlu menentukan model atau spesifikasi Anda, tunggu perkiraan kami dan kirimkan perangkat Anda.

Penutup: Chip M1 Mana yang Terbaik untuk Anda?

Yang benar adalah bahwa M1 Pro mencakup 99% dari semua profesional kreatif di luar sana. Namun, M1 Max terasa lebih cepat untuk tugas-tugas berat seperti rendering 3D ekstrem, pengeditan video 8K, dll.

Jadi model mana yang harus Anda pilih?

Jika anggaran tidak menjadi masalah bagi Anda sebagai seorang profesional atau jika Anda hanya membutuhkan chipset Apple terbaik, maka M1 Max adalah pilihan terbaik. Di sisi lain, M1 Pro masih merupakan salah satu CPU terbaik di pasaran. Memilih chipset M1 terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi Anda.

Leave a Comment