Apakah Laptop Gigabyte Bagus?

Sumber gambar: gigabyte.com

Laptop Gigabyte terlihat sangat bagus di atas kertas. Tampaknya merek tersebut memiliki banyak pilihan tidak hanya untuk gamer hardcore tetapi juga untuk pembuat konten. Namun, tidak mudah bagi Gigabyte untuk bersaing dengan merek game mapan seperti Alienware, Razer, atau MSI, karena perusahaan-perusahaan tersebut mendominasi pasar game laptop saat ini. Selain itu, karena Gigabyte adalah merek yang kurang dikenal, banyak gamer yang meragukan kualitas build-nya. Namun, kita dapat dengan pasti mengatakan bahwa pabrikan membuat komputer yang cukup bagus. Namun sayangnya, tidak semua orang mampu membelinya.

Siapa yang Membuat Laptop Gigabyte?

Gigabyte, secara resmi GIGA-BYTE Technology Co., Ltd, adalah raksasa perangkat keras komputer dan teknologi berbasis di Taiwan yang didirikan pada 1986 oleh Pei-Cheng Yeh. Perusahaan membuat dan mendistribusikan berbagai produk perangkat keras komputer, termasuk desktop, notebook, periferal, tablet, ultrabook, catu daya, dan teknologi lainnya. Namun, Gigabyte terutama dikenal dengan motherboard-nya. Selain itu, perusahaan ini terutama berorientasi bisnis-konsumen. Mereka juga memproduksi kartu grafis dalam kemitraan dengan NVIDIA dan AMD. Selain itu, mereka memiliki anak perusahaan, Aorus, yang mengelola lini game. Aorus adalah merek dagang sub-merek terdaftar dari Gigabyte dan milik Aorus Pte. Ltd. – sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura. Berasal dari Gigabyte, Aorus mengkhususkan diri dalam membuat perangkat keras game seperti laptop gaming, GPU, pendingin, motherboard gaming yang lebih terjangkau, dll.

Apa yang Membuat Laptop Gigabyte Menonjol

Jadi, apakah laptop Gigabyte bagus? Ya, tentu saja, Gigabyte adalah merek yang hebat, tetapi itu semua tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakan komputer Anda. Mesin Gigabyte adalah yang terbaik untuk gamer dan pembuat konten karena komponennya yang berkualitas tinggi, termasuk GPU yang kuat dan ruang penyimpanan yang besar. Tapi itu juga memiliki beberapa kelemahan utama, terutama harga. Selain itu, model-model baru mendevaluasi agak cepat seiring berjalannya waktu.

Mari kita telusuri kesalahan dan manfaat laptop Gigabyte secara lebih rinci di bawah ini:

Kelebihan:

  • Merek ini dikenal dengan motherboard komputer berkualitas premium.
  • Gigabyte terutama menargetkan gamer dan pembuat konten.
  • Komputer ini kuat dan tangguh, dengan desain minimal tanpa embel-embel.
  • Laptop Gigabyte memiliki tampilan luar biasa dengan akurasi warna yang luar biasa dan kecepatan refresh yang lebih tinggi. Misalnya, banyak model dari lini Aero hadir dengan opsi layar 4K UHD 300Hz.
  • Gigabyte menawarkan opsi OLED untuk pembuat konten.
  • Model tertentu menampilkan keyboard mekanis dengan RGB per tombol.
  • Sebagian besar garis sangat dapat disesuaikan dan menawarkan bezel layar tanpa tepi.

Kontra:

  • Sampai saat ini, Gigabyte bukanlah merek game mainstream.
  • Ini memiliki pilihan laptop bisnis yang terbatas.
  • Laptop Gigabytes mahal.
  • Dukungan teknis di bawah standar.
  • Sistem ventilasi laptop buruk. Banyak pengguna Gigabyte merasa perlu membeli bantalan pendingin eksternal sebagai tambahan.
  • Baterai cepat habis.
  • Kurangnya variasi desain dan pilihan warna.

Laptop Gigabyte Terbaik

Garis laptop Gigabyte paling populer termasuk Aero, Aorus, dan seri G. Berikut adalah beberapa laptop Gigabyte favorit kami hingga saat ini.

Aorus 17G (2021)

Gigabyte Aorus 17G (2021) adalah laptop gaming yang hebat dengan desain yang ketinggalan jaman. Modelnya cukup berat (hampir 6 lbs), sehingga sulit untuk dibawa-bawa. Namun, notebook ini adalah pembangkit tenaga listrik mutlak dengan kecepatan lari yang sangat baik. Muncul dengan tampilan kecepatan refresh 300Hz dan keyboard mekanis taktil. Gigabyte Aorus 17G menawarkan kemampuan gaming yang luar biasa, setara dengan kinerja desktop gaming.

Gigabyte G7

Laptop Gigabyte G7 mengintegrasikan layar IPS 17,3 inci paling atas dengan bezel 3mm yang sangat tipis, menawarkan rasio layar-ke-tubuh 86%. Ini adalah panel 144Hz dengan visual bebas guncangan, yang sangat penting dalam permainan kompetitif. Untuk pembuat konten dan mereka yang suka menonton film dalam resolusi ultra tinggi, model ini memiliki gamut warna NTSC 72%, memastikan reproduksi warna yang lebih kaya dan lebih akurat.

Model ini mengemas prosesor Intel Core i-series generasi ke-11 dan grafis NVIDIA RTX 30-series, mendukung teknologi Wi-Fi 6, dan menampilkan desain modern.

Laptop Gigabyte Aero 16

Jajaran Aero paling cocok untuk kreator, memungkinkan mereka melakukan beban kerja yang berat dan bahkan bermain game. Aero 16 menggabungkan layar OLED dengan akurasi warna terbaik, daya CPU yang mengesankan, dan portabilitas. Namun, kombinasi itu datang dengan label harga yang lebih tinggi. Meski demikian, Aero 16 dapat bersaing dengan MacBook terbaru dalam hal kinerja CPU. Banyak pengguna bahkan melaporkan bahwa menjalankan aplikasi dan program kreatif berbasis Windows jauh lebih baik.

Intinya

Pabrikan Taiwan memperoleh ketenaran di seluruh dunia untuk motherboard dan kartu grafisnya. Namun meskipun berfokus pada komunitas game, laptop Gigabyte dapat menjadi tambahan yang bagus untuk lingkungan kantor yang dinamis. Sayangnya, kami belum melihat lebih banyak variasi dari merek tersebut. Laptop Gigabyte jelas bukan untuk setiap anggaran. Mungkin para profesional kreatif yang mampu membelinya akan mendapat manfaat signifikan dari apa yang ditawarkan laptop Gigabyte. Namun, ada banyak opsi murah yang layak untuk gamer kasual. Dengan itu, kami berharap kami dapat menjelaskan “Apakah laptop Gigabyte bagus?” pertanyaan. Terakhir, jika Anda memiliki laptop bekas untuk dijual, jangan ragu untuk menghubungi perkiraan.

Leave a Comment