5 Tips Menjadi Agen Tiket Pesawat, Tertarik Coba?

Di era digital seperti ini, mulai berbisnis terasa sangat mudah, karena bisa dilakukan  bisa manapun, mulai dari membuka toko online, menjadi reseller, hingga agen tiket pesawat. Ya, saat ini, mulai banyak orang yang mencari peruntungan untuk berbisnis sendiri, terutama para ibu rumah tangga atau mahasiswa.

Salah satu bisnis yang menjanjikan dan bisa dilakukan oleh siapapun, baik para pemula adalah agen tiket pesawat. Hal ini pun bukan tanpa alasan, karena pariwisata yang terdampak pandemi COVID-19 kini mulai bergeliat dan bangkit kembali. Namun, perlu diperhatikan, bahwa menjadi seorang pebisnis tentunya harus memiliki riwayat keuangan yang tertata untuk pengelolaan keuangan bisnis. Kamu tidak perlu khawatir, karena kegiatan pengelolaan keuangan bisnis kamu bisa mengandalkan aplikasi pembukuan dari BukuMitra Bukalapak.

Karena kasus COVID-19 yang mulai mengalami fase membaik, alhasil, semakin banyak orang-orang yang mulai bepergian dan berlibur menggunakan pesawat. Apalagi, tiket pesawat yang masih cukup terjangkau, yang diakibatkan oleh ketidakstabilan jadwal penerbangan, sehingga membuat banyak orang lebih memilih berburu tiket murah karena adanya kesempatan.

Hal inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk mencoba peruntungan dengan menjadi agen tiket pesawat. Bukan sembarang agen, nyatanya banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memulai bisnis ini. Meskipun terlihat lebih mudah dibanding bisnis lainnya, nyatanya ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan jika ingin menjadi agen tiket pesawat. Apa saja? Berikut ulasannya.

Bekerjasama dengan Maskapai Penerbangan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis menjadi agen tiket pesawat adalah bekerjasama dengan maskapai penerbangan. Bila ingin mengawali bisnis penjualan tiket pesawat lewat cara ini, maka kamu mempersiapkan modal yang cukup banyak.

Hal ini karena untuk menjadi seorang agen pesawat, kamu harus melakukan deposito hingga puluhan juta, sehingga dapat melakukan kerja sama dengan maskapai penerbangan yang ingin dijadikan partner. Tidak berhenti sampai di situ, agen travel yang hendak menawarkan kerja sama dengan maskapai penerbangan haruslah agen travel yang telah memiliki badan bisnisnya sendiri, seperti PT, badan usaha, CV, dan lain sebagainya.

Analisis Tiket Pesawat

Tips selanjutnya adalah dengan belajar menganalisis tiket pesawat, sebelum kamu hendak menjualnya kembali. Carilah tiket pesawat murah dengan banyak promo yang biasa ditawarkan oleh maskapai, lalu kemudian menjualnya kembali dengan menambahkan keuntungan.

Selain itu, kamu juga bisa menyediakan tiket pesawat dari maskapai penerbangan yang banyak diminati konsumen, seperti tiket pesawat Garuda Indonesia, AirAsia, Lion Air, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk menyediakan banyak tiket dengan tujuan favorit wisatawan, seperti Bali, Yogyakarta, dan Lombok.

Kamu juga disarankan untuk selalu rutin memantau harga tiket pesawat, terutama pada saat promo. Sebab, saat promo, harga tiket pesawat jauh lebih murah dan Anda juga bisa menjual dengan harga terjangkau kepada konsumen.

Karena harga tiket pesawat yang sering berubah sewaktu-waktu, sangat penting juga untuk seorang agen melakukan analisa harga. Hal ini perlu dilakukan agar nantika jika ada perubahan harga tiket, kamu bisa menjual tiketnya dengan harga yang pas, tidak terlalu mahal atau murah.

Lakukan Strategi Pemasaran

Tak lengkap rasanya jika sudah menjadi agen tiket pesawat, tapi kamu tidak melakukan promosi agar usahamu banyak diketahui orang. Strategi pemasaran penting dilakukan untuk menggaet para konsumen agar membeli  tiket pesawat di tempat kamu.

Kamu bisa coba untuk beriklan atau melakukan promosi untuk mendapatkan area penjualan yang lebih luas dalam memasarkan tiket pesawat. Dengan langkah ini, iklan tersebut nantinya akan diketahui banyak orang dalam cakupan yang lebih luas.

Tak perlu modal yang besar untuk melakukan promosi, kamu cukup memanfaatkan media sosial yang saat ini juga banyak dilakukan oleh usaha lain. Beriklan di media sosial juga tak semahal jika melakukan promosi di media elektronik, sehingga kamu tak perlu mengeluarkan bujet yang besar.

Memiliki Banyak Relasi

Tips penting lainnya untuk bisa menjadi agen tiket pesawat adalah dengan memiliki banyak relasi. Secara sederhana, semakin banyak kamu membangun networking atau berelasi dengan banyak pihak, maka tentu semakin besar peluang atau persentase usaha kamu untuk berkembang.

Sebisa mungkin, kamu harus menemukan banyak relasi kerja untuk memperluas jaringan. Semakin banyak relasi, maka semakin cepat pula usaha kamu akan berkembang.

Misalnya setelah menjadi agen, kamu dapat membuka lapangan pekerjaan baru dengan cara menjual kembali tiket yang kamu punya, atau meminta pertolongan teman dan keluarga untuk turut mempromosikan badan usaha yang sedang kamu rintis. Selain itu, kamu juga dapat melakukan kerja sama dengan beberapa partner yang berkaitan dengan liburan, seperti tempat makan, akomodasi penginapan, dan lain sebagainya.

Tak ketinggalan, kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada pihak lain, carilah pihak yang sekiranya dapat membantu usahamu berkembang. Oleh karena itu, dalam mencari relasi, kamu harus memperhatikan sikap untuk menggaet sasaran. Buatlah relasimu tertarik dengan bidang yang kamu tekuni, seperti memberikan diskon, memberikan pelayanan yang terbaik, hingga tawaran menarik lainnya.

Pesan di Waktu yang Tepat

Terakhir, kamu juga harus teliti dan dapat mengukur sekiranya kapan harus memesan atau booking tiket pesawat di maskapai. Waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat adalah pukul 23.00 waktu setempat.

Tentu saja, hal ini ada alasannya, karena biasanya di waktu-waktu tersebut, akan ada banyak pembatalan tiket yang terdeteksi, akibat pengguna tidak membayar pesanan tiket yang telah dibuat atau bahkan membayar tiket namun telah melewati waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu, kesempatan ini dapat kamu manfaatkan untuk menemukan tiket murah.

Itu lima tips yang bisa kamu terapkan jika ingin menjadi agen tiket pesawat. Tak hanya membuka usaha sendiri, kamu juga bisa memanfaatkan beragam platform untuk berjualan, salah satunya adalah di Bukalapak.

Dengan menjadi mitra di Bukalapak, kamu bisa lebih memperluas usahamu dan terjamin aman. Jadi, sudah siap menjadi agen tiket pesawat di Bukalapak?

Leave a Comment