5 Pertanda Anda Harus Segera Memanggil Jasa Service Mesin Cuci

Mesin cuci adalah salah satu elektronik yang sangat membantu pekerjaan rumah tangga. Penggunaan mesin cuci dapat menghemat waktu dan tenaga.

Mencuci merupakan pekerjaan yang cukup berat dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, banyak ibu rumah tangga yang memilih menggunakan mesin cuci dibanding mencuci secara manual.

Karena keberadaannya yang sangat penting, ibu rumah tangga yang mendapati mesin cucinya rusak akan sangat kebingungan. Sebenarnya, mesin cuci yang rusak parah atau mati total sebelumnya telah menunjukkan tanda-tanda yang mungkin tidak disadari.

Berikut ini beberapa tanda mesin cuci Anda sedang mengalami gangguan. Sebaiknya Anda memahami dengan seksama agar tidak perlu mengeluarkan biaya untuk jasa service mesin cuci.

1. Mengeluarkan suara berisik

Suara berisik mesin cuci bisa berasal dari benda asing yang tertinggal di dalam kantong pakaian. Hal sepele tersebut juga bisa berakibat buruk pada kinerja mesin cuci. Anda sebaiknya memeriksa pakaian dari barang-barang seperti koin sebelum mencucinya dengan mesin cuci.

Suara berisik mesin cuci saat digunakan juga berasal dari peletakkan mesin pada lantai yang tidak rata. Anda bisa menata ulang letak mesin cuci agar mesin tidak berisik saat digunakan.

Apabila dua penyebab tersebut tidak ditemukan pada mesin cuci yang berisik, bisa jadi mesin cuci mengalami gangguan. Anda bisa memeriksa tabung maupun dudukan mesin cuci. Dua komponen tersebut bisa jadi menjadi penyebab suara bising pada mesin cuci.

2. Mengalami kebocoran

Kebocoran pada mesin cuci bisa disebabkan oleh rusaknya selang air yang menyambungkan kran ke mesin cuci. Jika Anda menemukan air menggenang saat menggunakan mesin cuci, maka sebaiknya Anda berhenti.

Genangan air yang dibiarkan di sekitar mesin cuci akan menyebabkan kelembaban. Secara tidak langsung, Anda memperparah keadaan dengan membiarkan genangan air di sekitar mesin cuci. Oleh sebab itu, segera keringkan genangan air yang timbul agar mesin cuci tidak semakin parah.

3. Mesin tidak menyala

Mesin cuci yang tidak menyala bisa disebabkan oleh gangguan pada kabel listrik. Anda bisa memeriksa sambungan kabel, apakah kabel sudah terpasang dengan baik atau belum.

Jika sambungan kabel listrik baik namun mesin cuci tetap tidak menyala, Anda bisa beralih untuk memeriksa bagian dalam mesin. Bagi Anda yang tidak berpengalaman dalam memperbaiki alat elektronik sebaiknya memanggil jasa service mesin cuci agar tidak memperparah kerusakan.

Mesin cuci yang tidak bisa menyala juga bisa disebabkan penggunaan di luar kapasitas. Saat mesin cuci mencuci pakaian dengan jumlah di luar kapasitasnya, mesin cuci akan terguncang sangat keras dan mati.

4. Pengisian air tidak normal

Tabung merupakan komponen penting dan utama di mesin cuci. Kerusakan pada tabung berakibat pada kerusakan mesin cuci secara total.

Apabila Anda menemukan tabung tidak terisi air dengan normal pada fase awal, bisa jadi itu pertanda adanya gangguan.

Gangguan yang dimaksud bisa jadi pada selang yang bengkok maupun perlengkapan air yang rusak. Selain itu, kerusakan pada katup air atau saluran pembuangan yang macet juga termasuk pertanda Anda harus segera menghubungi jasa service mesin cuci.

5. Pengering tidak bisa berputar

Tumpukan pakaian yang tidak merata disebabkan jumlah pakaian terlalu banyak atau sedikit. Hal sepele tersebut bisa berakibat pada kerusakan pada sabuk atau sakelar penutup.

Kerusakan pada sabuk atau sakelar mengharuskan Anda melakukan penggantian komponen tersebut. Penggantian komponen tersebut harus dilakukan oleh tenaga profesional, sehingga Anda harus memanggil jasa service mesin cuci untuk memperbaikinya.

Nah, demikian tadi 5 pertanda mesin cuci Anda sedang mengalami gangguan. Jika mesin cuci Anda mengalami kerusakan, pastikan Anda menggunakan jasa service mesin cuci profesional dan berpengalaman seperti yang disediakan oleh platform sejasa.com.

Leave a Comment