Keripik Pisang Kepok Cemilan Bernutrisi dan Membantu Diet Anda

Camilan memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat kita terutama keripik-keripikan. Sebut saja keripik pisang kapok sisir, keripik kentang, keripik tempe dan masih banyak lagi jenis lainnya. Namun sayangnya makan keripik terlalu banyak bisa mendatangkan masalah pada kesehatan karena umumnya mengandung garam cukup tinggi.

Nah, kalau Anda mencari yang aman dan bergizi konsumsilah keripik yang dibuat dari pisang kepok. Apa bedanya keripik yang dibuat dari bahan pisang kepok dengan jenis lainnya? Lihat beberapa faktanya berikut ini.

Gizi dan Nutrisi dalam Keripik Pisang kepok

Mungkin sampai saat ini Anda juga belum mengetahui bahwa di dalam keripik pisang kepok terkandung banyak nutrisi yang menyehatkan badan. Buah pisang kepok mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu :

  • Pektin: zat ini bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuang racun dari dalam tubuh.
  • Dopamin dan Catechin: berfungsi menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit degeneratif lainnya.
  • Tryptophan: merupakan jenis asam amino yang berfungsi meningkatkan produksi serotonin, yaitu hormon yang mendatangkan rasa rileks, ketenangan dan rasa mengantuk.

Manfaat Mengkonsumsi Keripik Pisang kepok

Makan keripik yang dibuat dari pisang kepok mendatangkan manfaat yang tidak jauh berbeda dengan saat Anda mengkonsumsi buahnya secara langsung. Namun memang kandungan nutrisi di dalam pisang kepok segar lebih banyak daripada yang telah diolah menjadi keripik. Inilah beberapa manfaat yang akan Anda peroleh dari konsumsi keripik buah pisang kepok.

1. Mencegah Anemia

Semua orang bisa saja mengalami anemia yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Anemia terutama rawan dialami oleh wanita setelah masa haidnya sehingga jumlah sel darah merah harus ditingkatkan. Dampak dari anemia bisa membuat orang merasa lemas bahkan pingsan.

Apakah Anda sudah tahu bahwa makan keripik buah pisang kepok bisa mencegah terjadinya anemia? Ya, di dalam camilan tersebut Anda bisa mendapatkan asupan zat besi yang fungsinya untuk membentuk sel darah merah.

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Kandungan tryptophan yang ada di dalam keripik buah pisang kepok bermanfaat untuk menghasilkan serotonin, hormon pembentuk rasa senang dan rileks. Jika pikiran Anda lebih tenang dan rileks tentu selain akan terhindar dari stres juga berpengaruh pada kinerja otak. Anda bisa lebih fokus dalam berpikir sehingga kemampuan otak akan meningkat.

3. Menurunkan Risiko Kanker dan Jantung

Senyawa dopamin dan catechin yang terdapat di dalam pisang kepok berfungsi untuk mencegah datangnya penyakit degeneratif berbahaya yang menyerang tubuh. Contoh dari penyakit degeneratif misalnya jantung dan juga kanker. Anda pastinya juga sudah mengetahui bahwa kedua jenis penyakit tersebut dikenal sebagai silent killer dimana angka kematiannya tinggi.

4. Melancarkan Pencernaan dan Menjadi Pilihan Camilan Sehat Saat Diet

Pisang kepok merupakan jenis buah dengan kandungan serat cukup tinggi sehingga sangat membantu sistem pencernaan kita. Banyak manfaat kesehatan yang didapatkan jika sistem pencernaan lancar misalnya BAB menjadi lebih lancar. Jika sistem pencernaan lancar maka berat badan ideal akan terjaga.

Di samping itu lancarnya sistem pencernaan juga akan meningkatkan derajat kesehatan tubuh. Setidaknya Anda akan terhindar dari gangguan kesehatan pada organ pencernaan seperti sembelit, diare bahkan kanker usus. Selain untuk kesehatan pencernaan, keripik pisang kepok juga bisa menjadi pilihan camilan sehat ketika sedang diet.

Ini disebabkan, jumlah serat yang ada dalam keripik pisang kepok tergolong tinggi. Bahkan, keripik pisang kepok memiliki kandungan serat yang jauh lebih tinggi dibandingkan keripik kentang. Dengan serat ini, akan membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama. Hasilnya, proses diet akan menjadi jauh lebih terbantu dengan konsumsi keripik pisang kepok.

5. Mencegah Asma

Ternyata di dalam keripik buah pisang kepok terdapat kandungan zat yang bisa mencegah datangnya penyakit asma. Anda bisa mengkonsumsi keripik tersebut secara rutin sebagai pencegahan pada datangnya penyakit kronis yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Meskipun banyak manfaat yang didapatkan namun ingat jangan makan keripik pisang kepok berlebihan. Anda perlu membatasi porsi keripik buah pisang kepok terutama yang menggunakan gula terlalu banyak. Jangan kuatir karena hanya makan sedikit saja keripik buah pisang kepok perut Anda sudah akan merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya cukup tinggi.

Itulah manfaat pisang kapok untuk tubuh. Untuk memperoleh pisang jenis kapok dengan kualitas terbaik dan segar langsung dari petani, caranya sangat mudah, Anda bisa pesan buah pisang secara online di TaniHub dengan bantuan smartphone dan internet.

Selain pisang ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub. Lengkap bukan?

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Leave a Comment